readbud - get paid to read and rate articles

Sabtu, 03 Maret 2012

Memanfaatkan Fasilitas Actions Photoshop Dalam Editing Photo/Gambar


Dalam hal editing photo/gambar untuk saat ini Photoshop memang software andalan kaum design grafic. Photoshop bisa dikategorikan software pengolah gambar yang paling unggul dibanding software lainnya  dalam hal editing photo/gambar. Photoshop menyediakan banyak tool yang bisa dimanfaatkan dalam hal mamanipulasi photo/gambar. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Photoshop adalah Photoshop memiliki fasilitas Actions. Fasilitas ini menyediakan beberapa langkah yang secara umum banyak dilakukan dalam proses editing photo/gambar. Karena selain proses menjalankannya mudah, fasilitas Actions Photoshop dapat sedikit memperhemat waktu penyelesaian anda dalam hal editing photo/gambar. Jika anda memiliki banyak photo, dan secara garis besar proses editing photo/gambar dilakukan dengan tool yang sama, maka fasilitas Actions adalah solusinya. Fasilitas Actions adalah suatu fungsi yang dapat merekam beberapa tindakan di photoshop untuk kemudian kita pergunakan kembali.
Baik tutorial ini saya beri judul Memanfaatkan Fasilitas Actions Photoshop Dalam Editing Photo/Gambar. Dan sebagai contoh saya memiliki photo/gambar seperti di bawah ini :
Secara garis besar photo diatas memiliki kesamaan editing, kita bisa memanfaatkan fasilitas Actions Photoshop. Sebagai contoh, photo diatas akan saya berikan tiga langkah untuk merubah photo agar kelihatannya sedikit menarik. Diantaranya : Adjustments Curves agar photo sedikit terang, Rotate Canvas untuk memutarkan photo, Croop Tool untuk memotong.
Sebelumnya buka dulu program Photoshop anda dan aktifkan Palette Actions dari menu Window > Actions atau tekan Alt+F9 pada keyboard. Maka akan akan tampil kotak dialog Palette Actions.
Selanjutnya pada Palette Actions klik Create new set.
New Set beri nama Hanya Latihan, klik OK.
Klik Create new action pada Palette Actions.
New Action beri nama Actions Latihan, klik Record.
Maka dalam kotak dialog Palette Actions akan terbentuk sebuah Set dengan nama Hanya Latihan dan Action dengan nama Actions Latihan.
Perlu diingat, dalam proses ini usahakan satu langkah-pun jangan sampai anda salah klik, karena proses ini Photoshop sedang merekam dengan Palette Actions-nya setiap langkah anda. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, bahwa dalam pengeditan photo ini saya akan melakukan hanya tiga langkah saja. Pertama karena photo ini sedikit gelap, maka saya beri efek terang dengan Adjustments Curves, klik menu Image > Adjustments > Curves, atau pada keyboard tekan Ctrl+M, beri nilai Output 150 dan Input 115 (sesuai kebutuhan). Klik OK.
Karena photo ini miring, maka saya perlu memutarnya dengan klik menu Image > Rotate Canvas > 90⁰.
Misalnya photo ini akan diberikan ukuran 3 x 4, maka saya harus melakukan Crop pada photo dengan cara klik Crop Tool pada Toolbox atau tekan huruf C pada keyboard.
Tentukan ukurannya pada Property Bar. Width 3 cm > Height 4 cm > Resolution 100 pixels/inch.
Lakukan Crop pada photo, dengan seleksi photo dan tekan Enter pada keyboard.
Saya rasa tiga langkah editing photo telah selesai (Adjustments Curves, Rotate Canvas, Croop Tool). Jika sudah merasa cukup klik Stop playing/recording pada Palette Actions.
Sekarang gunakan Fasilitas Actions Photoshop yang telah anda buat dengan cara klik Play selection, lakukan pada photo lain yang belum di-edit hanya dengan klik Play, maka photo akan berubah otomatis melewati tiga langkah tool (Adjustments Curves, Rotate Canvas, Croop Tool).
Hasilnya :
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat …

Sumber: OneSetia82

0 komentar:

Posting Komentar